Langsung ke konten utama

pemaknaan outbond

akhi muslim wa ukhti muslimah, aku ingin berterus terang tentang kebahagianku melihat kalian begitu bersemangat melewati hari ini(10-06-2009) dalam acara outbond bersama LDK. kadang terselip rasa malu terhadap kalian atas semangat yang telah kalian tunjukkan. aku menyadari bahwa banyak kekurangsiapan tekhnis yang kalian hadapi, tapi sekali lagi aku mengapresiasi atas semangat dan sifat optimis yang telah kalian pancangkan dalam dada kalian. adapun disini aku ingin membicarakan tentang pemaknaan yang berada diakhir acara. aku tidak sedang ingin "menyalahkan" tentang pemaknaan yang telah kalian utarakan. semua pemaknaan yang telah kalian utarakan adalah benar semua dalam sudut pandangku. tapi aku ingin menambahi beberapa poin lagi yang mungkin menjadi kabar gembira juga bagi kalian, yaitu:

1. bahwa kalian telah mengamalkan perintah Rosul.

- Rosul memerintahkan kita untuk menunjuk seorang pemimpin dalam setiapperjalanan kita. dan kalian telah mengamalkan itu dalam kelompok kalian. semoga menjadi ingatan bersama bahwa hal ini tidak terjadi dalam permainan ini saja. hal ini harus kita terapkan juga dalam kehidupan kita, yaitu menunjuk pemimpin dalam perjalanan kita.
- ukhuwah yang senantiasa kalian jaga. karena dalam kondisi apapun ukhuwah harus menjadi prinsip diatas semua perselisihan yang kalian hadapi. diantara kewajiban ukhuwah adalah kalian saling tolong menolong satu sama lainnya.
- kalian menutup majlis dengan do'a kafaratul majlis. apa yang kalian dapatkan dari membaca kafaratul majlis tidak lain adalah bahwa bacaan itu menjadi kafarah bagi kalian jikalau terdapat kesalahan dalam forum kalian. maka selalulah kalian membaca do'a kafaratul majlis dalam setiap majlis kalian.
- Rosul bersabda: mu'min yang kuat itu lebih baik dan lebih dicintai oleh Alloh. dan makna kalian mengadakan outbond ini adalah diantaranya untuk menguatkan jism kalian.

2. bahwa kalian telah mengamalkan perintah Alloh
- Alloh menyuruh kita untuk mensyuro'kan segala perkara yang kita hadapi. dan kalian telah mengamalkan itu ketika harus menentukan cara terbaik bagaimana menyelesaikan tantangan-tantangan yang kalian hadapi. salah satu sifat syuro' adalah tidak ada yang salah disana. jikalaupun ternyata keputusan yang kalian ambil itu salah dalam kacamata kalian, maka yakinlah bahwa memang itulah hasil terbaik yang kita terima.

akhirnya, semoga Alloh menerima amalan-amalan ibadah yang tercermin melalui outbond pada hari ini. Alloh lebih berhak atas keluh kesahmu atas kekurangan-kekurangan yang ditimbulkan pada pada hari ini. dan untuk menyambut ujian akhir semester kali ini, aku mendoakan kepada Alloh kebaikan bagi kalian; kebaikan bagi diri kalian, kebaikan bagi dien kita melalui ilmu kita. karena ini adalah kebaikan bagi din, maka tidak layaklah kalau din ini dikotori dengan cara-cara yang tidak terpuji. aku memastikan bahwa kalian lebih tahu tentang hal ini. MA'AN NAJAAH.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

jangan sombong (lagi)!!

Apa yang membuat kalian risih tentang kesombongan Fir’aun? Kesombongan Namrud? Kesombongan Qarun? Dalam hubungannya dengan Tuhan, kita harus mengatakan, IYA, kita risih. Tapi, dalam hubungannya dengan manusia, kita tentu akan maklum dengan kesombongan mereka. Betapa tidak, dunia ada dalam genggaman mereka. Kekayaan, dan kekuasaan; dua syarat menjadi sombong diantara manusia di atas bumi ini. Kekayaan mereka membuat orang-orang bermimpi ingin menjadi seperti mereka. Lihatlah, betapa mimpi saja sudah menjadikan orang-orang yang tidak seperti mereka menjadi sombong. Niat sombong. Apalagi kalau benar-benar menjadi seperti Qarun, Fir’aun atau juga, Namrud. Dan kekuasaan membuat orang-orang ingin menguasai semua tahta dunia ini, memiliki semua wanita di dunia ini. Lantas, masihkah kita menganggap kesombongan mereka itu sebuah kesombongan? Tidak, sekali-kali tidak. Mereka “berhak” atas itu. Lantas, atas apa mereka tidak berhak sombong dengan kekuasaan dan kekayaan mereka? Bukankah semua o

happy Idul fitri

saya, Amin Musthofa beserta keluarga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1434 H. semoga amal ibadah kita selama di bulan Ramadhan kemarin bisa membawa kita untuk lebih baik di bulan berikutnya. amiiiin....

dari tujuh masjid jadi 1.700 masjid

Bertambahnya warga muslim di Inggris agaknya sejalan dengan semakin banyaknya jumlah masjid di negara itu. Sebagai perbandingan, pada 1961 hanya ada tujuh masjid di Inggris. “Pada 1990 jumlah masjid menjadi sekitar 400,” kata Inayat Bunglawala, pengurus MCB (Muslim Council of Britain), seperti dikutip koran The Times . Sepuluh tahun kemudian, menurut situs Islam Salaam.co.uk , jumlah masjid di seluruh Inggris berlipat menjadi tak kurang dari 1.700. Pada saat bersamaan, jumlah gereja menurun. Para pakar mengatakan, ribuan gereja akan ditutup dalam sepuluh tahun ke depan. Penutupan tersebut disebabkan makin sedikitnya warga kristen yang beribadah di gereja-gereja mereka. Gereja-gereja yang ditutup itu biasanya dialihfungsikan menjadi gudang, toko, restoran, bahkan masjid. Tidak banyak memang gereja yang kemudian menjadi masjid. Sebab, gereja Anglikan di Inggris tidak membolehkan pemilik baru menjadikan bekas gereja sebagai masjid atau tempat ibadah agama lain. Sementara itu, di Inggris